Tradisi Unik Untuk Menyambut Perayaan Tahun Baru Islam di Berbagai Negara

Tak Cuma Indonesia, ternyata tradisi unik menyambut tahun baru islam juga terjadi di berbagai negara. Nah, ingin tahu bagaimana cara Muslim di dunia yang dimana memperingati Tahun baru Islam yang dimana merupakan sebuah hari peringatan hijrah Nabi Muhammad SAW yaitu dari Mekkah ke Madinah yang dimana pada tahun 622 Masehi. Peristiwa tersebut yang biasanya terjadi pada 1 Muharram yang dimana umat islam akan menandakan tahun baru pada kalender Islam atau juga disebut dengan tahun baru Hijriah.

Tradisi Unik Untuk Menyambut Perayaan Tahun Baru Islam

Inilah yang dimana juga salah satu hal yang membuat perayaan ini menjadi salah satu perayaan yang begitu penting yang ada dan juga terdapat bagi seluruh umat Muslim yang ada di dunia. Karenanya, ada begitu banyak juga tradisi yang melakukan daftar joker123 dan juga tentang perayaan yang dirayakan dalam Tahun Baru Islam yang juga ternyata di rayakan di beberapa negara, khususnya negara yang dimana bermayoritas Muslim. Nah, tahukah anda bagaimana cara Muslim di dunia sendiri dapat memperingati hari ini? Berikut dalam artikel ini akan dibahas beberapa perayaan tahun baru islam yang ada di berbagai negara. 

1. Mesir

Tahun Baru Islam yang dimana adalah hari libur yang dimana juga menjadi salah satu tahunan yang dirayakan bagi masyarakat Mesir. Pada awal Muharram, hari pertama yang dimana juga di bulan Muharram, umat Islam Mesir yang biasanya akan menuju pada masjid untuk melakukan salat atau juga bahkan juga berpuasa di malam hari seperti halnya juga umat Islam lainnya. Dikutip Public Holidays, yang dimana hal yang unik dan juga berbeda dalam sebuah perayaan Tahun baru Islam di Mesir adalah masyarakat Mesir di Kairo dan juga yang ada di dalam kota-kota besar lainnya yang dimana nantinya juga akan menghadiri sebuah pertunjukan Tahun Baru Islam yang dimana juga menampilkan sebuah atraksi seperti penari sufi dari tradisional.

Nyanyian, dan juga tarian, dan juga kegembiraan mengudara, dan dimana dalam acara ini juga nantinya orang-orang yang dimana nantinya juga akan mengenakan pakaian baru, dan juga biasanya akan dirayakan dengan mengunjungi keluarga dan juga teman, menghadiri pesta Tahun Baru Islam. Anak-anak juga nantinya juga sering diberi boneka yang juga akan terbuat dari beberapa permen dan juga manisan.

2. Brunei Darussalam

Dalam hal  menyambut sebuah acara dari Tahun Baru Islam, masyarakat Muslim yang umumnya ada di Brunei sendiri yang dimana nantinya mereka biasanya akan berpuasa dan juga biasanya akan berdoa sepanjang bulan Muharram, terutama biasanya akan mereka lakukan selama 10 hari pertama. Karena itu, pada hari libur tahunan ini, dimana nantinya masyarakat Muslim yang ada di Brunei sendiri yang nantinya akan membersihkan sebuah masjid dan juga akan membersihkan beberapa tempat-tempat beribadah lain yang ada  di seluruh negeri untuk dapat  menyambut Tahun Baru Islam. 

3. Maroko

 Muslim Sunni dan juga Syiah yang dimana juga nantinya mereka akan menjalankan sebuah Hari Asyura yang dirasakan biasanya secara berbeda. Dilansir juga dari Taste Maroc, muslim Sunni yang dimana juga misalnya, mereka yang nantinya juga  akan merayakannya dengan puasa yang biasanya akan dimulai pada tanggal 9 dan juga 10 Muharram, berharap pahala dan juga dosa diampuni.

Sementara Muslim Syiah yang biasanya juga akan memperingati 10 Muharram yang dijana biasanya mereka akan menandai hari dijana Husain, Putra Ali dan juga cucu Nabi Muhammad, terbunuh sebagai seorang martir yang ada di Pertempuran Karbala. Asyura sendiri yang dimana juga adalah salah satu dari festival refleksi yang ada diri utama bagi Syiah, dengan seremoni pukulan ringan, simbolis di dada, yang dimana hal ini nantinya yang akan  menggantikan praktik penyerangan diri yang putus asa dengan sebuah rantai.

Terlepas dari itu semua, masyarakat Muslim yang ada di Maroko sendiri yang dimana dalam merayakan tahun baru Islam mereka akan cenderung menjalankan Asyura dengan sebuah tradisi agama yang biasanya akn lebih luas. Anak-anak juga yang dimana nantinya akan bahagia menyambut  Asyura sebagai waktu mereka yang dimana di gunakan untuk hadiah mainan, uang, dan juga mungkin pakaian baru.  

Mainan yang dimana juga nantinya akan dipajang secara mencolok yang biasanya akan di gunakan untuk dijual di toko-toko, dan juga dengan adanya suara genderang kecil atau yang disebut juga dengan nama tarija dan juga sebuah petasan yang terdengar di sebagian besar dari  lingkungan.

4. Arab Saudi

Perayaan Tahun Baru yang dimana juga biasanya tahun baru Islam sendiri yang dimana ada di Arab Saudi yang biasanya juga akan dirayakan dengan sangat meriah. Dimana ini adalah waktu ketika orang-orang yang nantinya juga akan saling mengirim salam dan juga nantinya mereka akan memanggil untuk dapat menyampaikan berbagai harapan dan juga doa di tahun yang baru. Dilansir  juga dari Destination KSA, yang dimana ada beberapa orang yang berada di Jeddah juga biasanya mereka  memiliki tradisi kecil yang dimana biasanya mereka akan menyenangkan yang akan mereka lakukan pada tanggal 1 Muharram, yakni mereka biasanya akan meminum segelas susu di pagi hari agar nantinya tahun baru juga bisa untuk dijalani dengan sebuah bersih dan juga putih.

Mereka juga yang nantinya juga yang nantinya akan menyantap sebuah sesuatu yang dimana sangat hijau yang Molokhia adalah sebuah favorit untuk yang dimana juga makan siang sehingga tahun berwarna hijau yang dimana sebagai salah satu dari lambang diberkati dan kemudian, dan juga beberapa teh almond yang dimana juga sangat populer dan juga sedikit madu agar, nantinya tahun baru yang nantinya juga akan berjalan sama manisnya!

Jeddah juga ternyata memiliki beberapa tradisi untuk dilakukan dalam hal menyambut Tahun Baru Islam yang dimana juga lebih unik dan juga lebih lama, yang dimana biasanya sebagian besar yang akan dilakukan untuk dapat mencegah hal-hal negatif yang diman juga bisa terjadi sepanjang tahun. Untuk dapat menghindari banyak dari situasi yang dimana juga akan melelahkan, mereka yang dimana juga tidak akan menyapu sebuah rumah atau juga menyalakan sebuah pada 1 Muharram. Tradisi yang dimana lama lainnya adalah sebuah tidak pergi yang dimana juga akan ke pemakaman pada sebuah hari pertama pada tahun baru. Serta yang dimana juga terakhir untuk dapat menyantap tujuh buah manis untuk dapat mempermanis tahun baru.

5. Malaysia

Masyarakat Muslim yang ada di Malaysia, khususnya yang dimana Lumpur yang dimana juga nantinya akan menyambut perayaan Tahun Baru Islam yang dimana biasanya akan dilakukan dengan cara berdoa dan juga membaca surah Yasin yang ada di dalam masjid. Perdana Menteri dan juga nantinya Wakil Perdana Menteri yang dimana  biasanya juga mereka akan turut hadir dalam sebuah perayaan satu ini dan akan bersama warganya. Di beberapa tempat yang lainnya yang ada di Malaysia, dimana masyarakat Muslim juga nantinya juga akan dapat merayakan dengan cara mengadakan sebuah parade atau juga sebuah upacara khusus yang ada di di lapangan.

Itulah beberapa perayaan untuk menyambut sebuah perayaan tahun baru islam yang ada di berbagai negara yang ada di dunia. Dimana di berbagai negara ternyata berbeda setiap perayaannya, namun tentunya dengan harapan dan juga dengan doa yang sama. Semuanya mengharapkan di tahun yang akan datang dengan penghapusan dosa dan juga memperoleh keberuntungan di tahun yang akan datang.