Tradisi Unik Warga Jerman Sambut Bulan Mei

Tradisi Eropa kuno dalam menyambut kedatangan dari bulan Mei masih tetap dilaksanakan di sejumlah daerah, khususnya di negara Jerman yang modern. Ketika sejumlah negara menyambut tanggal 1 Mei dengan melakukan demonstrasi sebagai bentuk dari Hari Buruh, warga Jerman justru melakukan sejumlah tradisi unik pada awal bulan tersebut. Beberapa tradisi yang dilakukan mereka, seperti memasang pohon khas hingga menggelar beberapa pesta unik.

Bulan Mei adalah bulan yang spesial bagi orang Jerman. Orang-orang akan menyambutnya dengan dansa dan api, dengan minuman tradisional dan beberapa pohon-pohon yang dihias. Dengan mainan karusel serta beberapa arum manis, dan masih banyak lagi.

Tradisi, di malam hari menjelang tanggal 1 Mei, dimana biasanya para kaum perempuan akan bertemu di gunung Brocken di pegunungan Harz untuk bernyanyi, menari dan juga berdansa. Di jaman Abad Pertengahan, ini adalah harinya para nenek sihir bertemu dan mengadakan sebuah daftar s1288 dan perayaan. Jika anda ingin tahu apa saja tradisi menarik yang akan dilakukan orang Jerman menyebut tanggal 1 Mei. Berikut ini adalah tradisi yang dirayakan di Jerman pada bulan 1 Mei.

Memasang Pohon Bulan Mei

Mirip dengan sejumlah tradisi yang ada di zaman Anglo lainnya, Maibaum atau sebutan untuk pohon bulan Mei, di Jerman akan dibuat pada tanggal 1 Mei atau sehari sebelumnya. Warga Bavaria, Frisia Timur di Saxony Bawah, Baden-Württemberg, dan juga sejumlah wilayah lainnya di Jerman akan merayakan upacara yang dahulunya memperingati hasil pangan ini setiap tahun bersama dengan masyarakat setempat.

Pohon (atau bisa juga tiang) akan dihiasi dengan pita-pita dan bunga-bunga aneka warna. Di sejumlah daerah, hiasannya akan melambangkan kerajinan atau kegiatan setempat. Pendirian pohon biasanya akan dibarengi dengan pawai yang terdiri dari musik alat tiup, dan berbagai jenis sosis. Ada juga bir Maibock yang dibuat khusus hanya untuk perayaan tersebut.

Mungkin yang nantinya paling membuat jantungan adalah sebuah tradisi saling mencuri pohon Mei dari kota dan desa yang berbeda. Sehingga warga pun harus mengawasi siang dan malam. Jika sampai kecolongan, maka warga kota yang kecurian tersebut harus memberikan ‘tebusan’ dalam bentuk minuman bir dan juga makanan dalam jumlah besar.

Pada 2004, beberapa maling cerdas menggunakan beberapa helikopter untuk mencuri pohon Mei yang ditempatkan di Zugspite, yang merupakan sebuah puncak gunung tertinggi yang ada di Jerman. Perlombaan lain di sejumlah daerah juga dilakukan, misalnya Maibaumkraxler di Bavaria, acara panjat pohon secepat mungkin.

Menari hingga Bulan Mei Tiba

Satu lagi tradisi yang berkaitan dengan pohon Mei yang ada di Jerman, yaitu tradisi Tanz in den Mai, yang berarti menari menyambut bulan Mei. Kegiatan ini biasanya akan dimulai sejak 30 April dan tidak berhenti hingga jari-jarinya dari orang yang menarik kesakitan. Kegiatan ini juga akan menular ke luar desa atau kota-kota kecil. Sejumlah klub di kota besar pun juga akan mulai menawarkan acara khusus seputar tradisi ini.

Berpesta dengan Tukang Tenung dan Setan

Tradisi menari juga dikaitkan dengan Walpurgisnacht ataupun Hexennacht (Malam Tukang Tenung), yang mengacu kepada arti masyarakat Jerman sebagai tukang sihir yang nantinya akan bertemu di puncak Brocken di pegunungan Harz untuk melakukan tradisi menyenangkan setan.
Hingga hari ini, kaum wanita di daerah Harz dan sekitarnya akan berdandan dan juga akan menari di puncak gunung, lengkap dengan pakain dan tanduk-tanduk seperti penyihir, serta sejumlah aksesori penyihir lainnya.

Melompati kobaran api

Salah satu dari cara lain yang tidak kalah unik saat merayakan malam tukang shir ini yaitu menggunakan api unggun yang yang nantinya akan dilompati. Di beberapa daerah, hal ini tidak selalu dikaitkan dengan penyihir-penyihir dan hal gaib. Di daerah lain, misalnya di Brandenburg, didirikan sebuah kayu dengan bentuk tukang sihir untuk kemudian dibakar sebagai sebuah simbol yang digunakan untuk mengusir kejahatan.

Protes

Sebuah tradisi modern di tanggal 1 Mei biasanya diperingati sebagai Hari Buruh Internasional, sebagai sebuah cara untuk bisa menyampaikan hak-hak buruh sekaligus menjadi kesempatan kaum kiri untuk dapat memprotes ketidakadilan. Daerah Kreuzberg di kota Berlin biasanya akan menjadi pusat demonstrasi sejak tahun 1987.

Protes terus berlanjut hingga saat ini dan terkadang diwarnai dengan beberapa kekerasan. Namun demikian, sebenarnya ada acara-acara alternatif di Kreuzberg yang pada akhirnya merubah tempat tersebut menjadi sebuah perayaan dan pesta di jalan-jalan besar yang dihiasi oleh pertunjukan musik dan tarian

Mengungkapkan Cinta Terpendam

Jika ada orang yang kesulitan untuk mengumpulkan sebuah keberanian untuk menyatakan perasaan, maka tanggal 1 Mei merupakan saat yang cukup tepat untuk dapat membuka diri. Tradisi lain terkait Maibaum adalah ketika para pemuda akan pergi ke dalam hutan, menebang pohon muda, dan menempatkannya di luar rumah pujaan hatinya. Bahkan seringkali pohon akan dihiasi dengan nama wanita yang tertera pada pohon.

Maibowle Minuman Khas Mei

Maibowle adalah sebuah minuman khas yang dibuat berdasarkan resep tua yang telah diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam sebuah keluarga. Termasuk juga dalam resep alkohol dan tumbuhan yang disebut dengan nama Waldmeister. Minuman ini diciptakan di biara Prüm sejak tahun 854 oleh seorang biarawan yang pada saat itu sedang membuat minuman ini sebagai obat untuk memperkuat jantung dan hati.

Jejak dari Kapur

Ini tradisi tua yang ada di Jerman dan Austria untuk menunjukkan sebuah cinta dua orang penduduk desa. Selain tradisi mengungkapkan perasaan dengan pohon. Tradisi yang satu ini juga biasa dilakukan masyarakat Jerman pada bulan Mei. Mereka akan menuntut orang ke berbagai bagian tempat dan nantinya akan berakhir di dalam bentuk hati tersebut. Ataupun kadang praya ini juga dipakai untuk pasangan yang nantinya akan menulis inisial nama mereka sebagai simbol dari cinta.

Maikirmes – Taman Ria Bulan Mei

Permainan dan gula kapas, di banyak kota-kota di Jerman ada sebuah tradisi taman ria yang akan diadakan pada bulan Mei. Di sini juga akan banyak ditemukan berbagai macam mainan seperti roller coaster dan beberapa wahana lainnya.

Hari Ibu

Pada Tahun 1644 hari ini juga disebut sebagai “Mothering Day” di Inggris. Tradisi ini kemudian datang ke Jerman pada tahun 1923. Setelah Perang Dunia II, di seluruh Eropa kemudian mulai menyebar kebiasaan menghadiahkan bunga dan hadiah kecil lainnya bagi ibu. Secara tradisional Hari Ibu ini akan dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei

Demikian itulah beberapa tradisi menarik masyarakat Jerman merayakan bulan Mei. Bagi masyarakat Eropa, bulan Mei adalah bulan yang cukup spesial, dan biasanya akan dirayakan dengan beberapa pesta menarik.