Tradisi Merayakan Natal di Berbagai Negara di Dunia

Hari natal adalah hari yang paling terindah dan juga menjadi hari yang dinanti-nanti sepanjang tahun untuk umat Kristian. Walaupun di Indonesia tidak ada musim salju yang biasanya menjadi pelengkap untuk hari natal, masyarakat yang menjalankan di Indonesia tetap akan merayakannya dengan caranya sendiri, mulai dari mendekor rumah hingga menghias pohon natal. Tapi bagaimana kira-kira tradisi natal di tempat-tempat lain yang ada di seluruh dunia? Ada banyak sekali tradisi natal yang pastinya berbeda-beda dan juga memiliki tradisi natal yang unik dengan caranya masing-masing negara. Berikut ini tradisi merayakan hari natal yang ada di dunia. Berikut diantaranya.

Gavle – Sweden

Pada tahun 1966, beberapa penduduk kota Gavle di Swedia membuat seekor kambing jantan setinggi 13 meter yang terbuat dari jerami di alun-alun utama kota. Tapi pada tengah malam di malam Natal, selalu ada orang yang mencoba membakar patung kambing tersebut.

Setelah hal ini terjadi, warga kota tetap saja membuat patung kambing setiap tahunnya, dan seperti sudah menjadi tradisi, pasti ada saja orang yang berusaha membakarnya. Sejauh ini, kambing yang habis terbakar sudah 27 kali. Saking seringnya hal ini terjadi, warga banyak yang sering taruhan Daftar Sbobet nasib apa yang akan menimpa si kambing setiap tahunnya. Menurutmu, bagaimanakah nasib si kambing di tahun ini?

Catalonia – Spanyol

Caga Tio, dalam bahasa Spanyol berarti kotoran dari batang pohon. Namun dalam kenyataannya Caga Tio adalah nama yang diberikan pada sepotong kayu berwajah tersenyum dengan topi merah yang membawa tawa dan kegembiraan pada anak-anak Catalonian dalam tradisi kuno. Batang pohon ini disukai anak-anak dikarenakan dipenuhi banyak hadiah.

Dalam tradisi, anak-anak harus merawat Caga Tio sejak 8 Desember hingga malam Natal tiba, mulai dari memberikan selimut hingga memberikan makanan berupa kulit jeruk setiap malam. Semakin terawat, maka semakin banyak pula hadiah yang akan diterima pada saat Natal kelak.

Afrika Selatan

Pada Hari Natal, masyarakat di Afrika Selatan melahap kudapan ulat yang digoreng dari ngengat kaisar atau emperor moth. Ngengat kaisar dipilih karena warnanya yang mencolok dan terkesan lebih festive sehingga cocok untuk snack di malam Natal. Apakah kalian tertarik untuk mencobanya juga?

Jepang 

Pada awal kampanye pemasaran KFC di Jepang, KFC menggambarkan ayam goreng sebagai makanan untuk Natal, semenjak saat itu ayam goreng telah dikaitkan dengan Natal bagi orang-orang Jepang.

Ini adalah tradisi yang diwariskan dari orang tua kepada anak-anaknya yang berakar pada komersialisme. Lebih dari 240.000 barel ayam KFC terjual selama Natal. Angka ini 10 kali lipat dari penjualan bulanan normal, lho!

Republik Ceko

Jika kalian adalah wanita yang masih single, pergilah ke Republik Ceko saat Natal dengan sepatumu yang paling jelek atau tidak kalian sukai. Ada rumor bahwa jika kalian berdiri di depan pintu rumahmu, lalu melempar sepatu ke depan, melewati bahumu dan mendarat dengan jari kaki yang mengarah ke pintu, kalian akan menikah di tahun depan. kalian yang jomblo mungkin bisa coba!

Remedios – Kuba

Setiap tahun, dua wilayah dari kota Kuba, San Salvador dan El Carmen, bekerja sama secara rahasia selama berbulan-bulan untuk membangun kreasi bola lampu natal raksasa. Penduduk berdebat dan bertaruh, bola lampu dari manakah yang terbaik sambil menunggu momennya. Para warga juga ikut memeriahkan acara dengan mengumpulkan puluhan ribu kembang api untuk sebuah kompetisi spektakuler yang menerangi langit.

Venezuela – Caracas

Pada pagi hari pada hari natal di kota Amerika Selatan ini, warga akan menutup jalan-jalan dan ada ratusan orang yang akan bermain sepatu roda. Terkadang anak-anak mengikat seutas tali ke salah satu jari kaki mereka pada malam sebelumnya dan membiarkannya menjuntai keluar jendela saat mereka tidur.

Dalam perjalanan ke gereja keesokan paginya, para skater akan menarik tali yang mereka lihat tergantung dari jendela dan anak-anak akan terbangun untuk menyaksikan acara sepatu roda tersebut.

Kanada 

Selama 30 tahun terakhir, ribuan relawan Canada Post berpura-pura menjadi Santa dan membalas jutaan surat dari seluruh dunia dalam berbagai bahasa, termasuk Braille.

Jika kalian mengirim surat yang bertuliskan “Pos Kanada Santa Claus, Kutub Utara, Kode Pos H0H 0H0” (dengan angka nol untuk o), kalian mungkin akan mendapat surat balasan. Lucu sekali, bukan?

Pasar Natar Penuh Dekorasi dan Makanan di Jerman

Perayaan Natal di Jerman tidak lepas dengan Pasar Natal yang meriah. Masyarakat negara ini akan mengunjungi pasar tersebut untuk membeli berbagai dekorasi Natal dan makanan khas Natal. 

Dekorasi Natal yang paling populer di Jerman adalah ornamen kaca. Jika kalian kebetulan berada di negara ini saat Natal, cobalah untuk berkunjung di Pasar Natal. kalian bisa melihat berbagai macam dekorasi indah sambil menikmati sosis Bratwurst dan segelas minuman hangat. 

Inggris – Kaus kaki jadi tempat Santa menaruh hadiah

Perayaan Natal identik dengan hadiah yang menarik. Tidak jarang anak-anak berharap bisa mendapatkan barang kesukaannya di Hari Natal. Anak-anak akan berdoa atau menuliskan hadiah apa yang mereka inginkan pada Santa Claus. Di Inggris, beragam kaos kaki unik akan digantungkan di dekat perapian atau di dekat tempat tidur. Dengan cara ini, Santa bisa menaruh hadiahnya di dalam kaus kaki. Saat anak-anak bangun di Hari Natal, ada hadiah yang menyambut mereka. Terkadang, di dalam kaus kaki diisi dengan makanan seperti pie dan minuman. Dengan begitu Santa bisa sejenak makan dan minum. 

India 

Di India, Natal dirayakan dengan sentuhan tropis. Dengan tidak adanya pohon cemara atau pohon pinus untuk dihias, yang akan kalian temukan malah pohon pisang, mangga atau palem yang dihias dengan terang di jalanan dan di rumah-rumah. Penduduk bahkan menggunakan daun pohon itu untuk menghiasi rumah mereka.

Greenland 

Kiviak adalah makanan lezat Natal di Greenland yang terbuat dari burung laut kecil yang difermentasi. Sekitar 500 burung laut kecil dimasukkan ke dalam segel yang sudah dibersihkan lalu ditinggal di bawah tumpukan batu untuk difermentasi hingga 18 bulan. Lalu hidangan ini disantap oleh penduduk Greenland.

Malam Natal dengan pesta di Meksiko 

Masyarakat Meksiko merayakan Malam Natal dengan pesta yang meriah. Di setiap rumah akan mengadakan perjamuan yang meriah dengan berbagai hidangan seperti kalkun panggang dan babi panggang. 

Perayaan Malam Natal semakin meriah karena anak-anak diberi piñata. Piñata diisi dengan berbagai camilan yang disukai anak-anak. Mereka akan memukulnya dengan mata tertutup hingga pecah untuk mendapatkan camilan di dalam piñata. 

Filipina

Filipina memiliki musim Natal terpanjang dan termewah di dunia, dengan pertunjukan cahaya hari raya, misa, dan festival yang diadakan dari September hingga Januari. Lentera Natal khusus yang disebut ‘parols’ yang terbuat dari bambu dan kertas digantung di sekitar kota dan desa, dengan beberapa tempat bahkan mengadakan kontes untuk dekorasi Natal yang paling indah. 

Merupakan tradisi bagi keluarga untuk berkumpul bersama pada Malam Natal untuk makan besar dan meriah. Makanan tradisional Natal termasuk puto bumbong, atau tabung bambu yang diisi dengan nasi ungu, mentega, gula, dan kelapa. Buah-buahan berwarna-warni dan kue beras yang disebut ‘bibingka’ juga populer.