Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Berbagai Negara

Perayaan Idul Fitri adalah perayaan yang dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada di belahan dunia setelah bulan Ramadhan setelah diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Pada penghujung ramadhan dan juga ada di awal bulan Syawal yang biasanya diperingati sebagai dengan hari raya Idul Fitri yang dimana juga hari tersebut dianggap sebagai salah satu hari kemenangan yang dilaksanakan setelah satu bulan berpuasa yang sangat memiliki makna yang luar biasa.

Perayaan Idul Fitri Berbagai Negara

Hari raya tersebut juga diperingati sebagai salah satu dari hari kemenangan, yakni yang dimaknai di berbagai dengan tradisi yang berbeda namun intinya adalah silahrturahmi dan juga saling bermaaf-maafan untuk kembali menjadi suci atau fitri. Perbedaan tersebut juga biasanya ditandai dengan berbagai macam tradisi-tradisi unik dan juga meriah yang biasanya dilakukan setiap setahun sekali. Dalam keunikan itulah tercipta berbagai macam tradisi unik yang ada di berbagai wilayah. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tradisi unik untuk merayakan tradisi yang berbeda diberbagai macam negara, seperti berikut :

Perayaan di Indonesia

Perayaan Idul Fitri yang memiliki tradisi yang berbeda-beda yang pertama adalah indonesia. Di indonesia sendiri dimana banyak sekali tradisi-tradisi yang berbeda di setiap daerah-daerah setempat saat lebaran yang juga  berbeda-beda. Pada umumnya, perayaan  hari raya Idul Fitri yang dirayakan di Indonesia ditandai dengan cara mengumandangkan sebuah takbir yang biasanya dilakukan pada malam menjelang Idul Fitri hingga pagi menjelang, halal bi halal, mudik ke kampung halaman, berziarah ke makam keluarga, dan juga banyak tradisi lainnya.

Masyarakat Indonesia pun juga biasanya melakukan sebuah acara makan bersama dengan keluarga besar dengan beberapa menu khas lebaran. Setiap suku yang juga ada di Indonesia pastinya juga memiliki ciri khas makanan khas yang biasanya kan disantap pada hari raya lebaran yang berbeda-beda.

Malaysia, Singapura, & Brunei Darussalam

Sebenarnya untuk sebuah perayaan Idul Fitri dari ketiga negara tersebut perayaannya juga tidak berbeda jauh dari yang dilakukan di Indonesia. Hanya ada satu kegiatan yang biasanya berbeda, masyarakat Malaysia yang umumnya tinggal di kampung biasanya mereka akan  menyalakan pelita atau juga obor saat takbir sedang berkumandang. Selain itu juga, sebutan hari raya pada ketiga negara tersebut umumnya berbeda-beda yaitu di sebut hari raya puasa, raya aidilfitri atau juga hari raya fitrah.

Australia

Sebagai salah satu negara yang jaraknya paling dekat dengan negara Indonesia, perayaan Idul Fitri yang dilaksanakan di Australia sendiri juga sangat meriah. Perusahaan biasanya di sana juga akan memberikan toleransi kepada semua karyawan muslimnya  untuk mendapat sebuah libur, serta dimana kawasan mayoritas muslim biasanya juga akan menggunakan jalanan umum yang digunakan untuk shalat idul fitri. Hal ini juga biasanya menjadi istimewa karena hal tersebut mengingat Australia sendiri bukan negara muslim, namun di negara tersebut rasa toleransi terhadap umat beragama sangat kental terasa.

Arab Saudi

Di Arab Saudi, di negara yang umumnya mempunyai mayoritas muslim tersebut perayaan idul fitri juga kental dengan sebuah kesenian. Beragam pagelaran biasanya akan diadakan seperti halnya membaca puisi, sebuah parade, teater hingga adanya juga pertunjukan musik. Jika di Indonesia sendiri dalam hari raya idul fitri di negara tersebut juga terdapat makanan khas, yang biasanya akan disantap masyarakat Arab Saudi yaitu daging domba yang akan dicampur nasi serta sayuran tradisional. Hal seperti itu juga terjadi di Suriah, dan juga di beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Selain makanan dan juga sebuah kesenian, perayaan lebaran yang ada di negara Timur tengah  juga biasanya sering dirayakan dengan sebuah tradisi menghias rumah. Lampion berwarna-warni yang biasanya akan  digunakan untuk menghias rumah agar dapat terlihat cantik.

India

Perayaan Idul Fitri  unik selanjutnya adalah perayaan yang biasanya di lakukan di India yang merupakan salah satu negara terbesar dengan minoritas kaum muslim. Saat sebuah perayaan Idul Fitri, beberapa makanan spesial biasanya akan disiapkan seperti halnya sebuah hidangan manis yang disebut dengan Sheer Kurma dan juga ada sejenis bihun dimana nasi yang disebut survei.

Pada malam Idul Fitri datang, nantinya orang-orang yang berada di india biasanya akan pergi mengunjungi bazar dan juga mereka akan pergi berbelanja. Para wanita biasanya akan menghiasi tangan mereka dengan menggunakan pacar serta juga akan memakai pakaian tradisional. Chand Raat atau yang dikenal lebaran juga biasanya akan diadakan di negara Asia Selatan lainnya seperti halnya di negara Bangladesh, Pakistan, Nepal dan juga Sri Lanka.

Maroko

Perayaan Idul Fitri selanjutnya yang akan dilakukan di Maroko biasanya akan diadakan pagi hari setelah orang-orang pulang melaksanakan shalat ied di masjid. Semua orang nantinya akan menikmati sarapan mewah yaitu makanan tradisional seperti halnya pancake Maroko dan juga Baghrir serta akan memakan biskuit dan juga teh mint. Seperti halnya yang dilakukan di negara muslim lainnya, di Maroko anak-anak biasanya akan menerima hadiah dan juga uang.

China

Tradisi perayaan Idul Fitri selanjutnya yang dilakukan di negara China yang dimana mereka nantinya akan mengunjungi makam leluhur, membersihkan dan juga nantinya mereka akan mempersembahkan doa. Tradisi doa ini nantinya dilakukan untuk dapat menghormati ratusan ribu muslim yang pada saat itu sudah tewas selama Dinasti Qing dan juga pada saat Revolusi Kebudayaan. Setelah shalat ied, biasanya umat muslim akan makan-makan bersama sanak keluarga mereka  dan bersilaturahmi. Walaupun negara China sendiri bukan salah satu dengan mayoritas muslim namun di negara tersebut juga ikut merayakan dan juga menghormati tradisi lebaran. 

Turki

Bagi orang Turki sendiri, nama Idul Fitri  yang biasanya mereka kenal dengan sebuah istilah Festival Gula atau juga Seker Bayram. Seperti halnya tradisi sungkem yang ada di Indonesia, anak-anak Turki di sana juga  biasanya bersalaman dan juga melakukan sungkem atau yang disebut dengan  sembah sujud kepada orangtua dan  nantinya para orangtua akan membalas dengan sebuah ciuman yang akan dilakukan kepada sang anak yaitu di kedua pipi sebagai salah satu simbol kasih sayang terhadap mereka. Merayakan tradisi iduk firi di di Turki juga sangat ramai karena negara Turki sendiri juga memiliki banyak populasi masyarakat muslim. Di negara tersebut juga para anak-anak nantinya akan menerima hadiah ataupun juga uang salah satu imbalan yang didapatkan jika berpuasa. 

Demikian dengan beberapa tradisi perayaan idul fitri yang ada di berbagai negara. Uniknya berbagai perayaan idul fitri di berbagai belahan dunia semuanya dengan satu makna yaitu mengembalikan diri ke tempat yang suci dengan cara bermaaf-maafan. Kita juga harus menghormati berbagai macam tradisi dan juga wilayah yang ada di berbagai belahan bumi.